Kondisi tubuh adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Pengerdilan adalah kondisi di mana pertumbuhan fisik dan perkembangan otak bagi kehidupan seseorang!
Kondisi tubuh adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pengerdilan adalah kondisi di mana pertumbuhan fisik dan perkembangan otak bagi kehidupan seseorang!
Pengertian pengerdilan dan pencegahan terhadap Pengerdilan

 Esco News Indonesia,- Seorang anak pertumbuhannya terhambat dikarenakan kekurangan asupan gizi yang cukup sehingga mengakibatkan terjadinya kekurangan gizi dan ini sangat berbahaya bagi pertumbuhan anak-anak, bisa mengakibatkan gizi kronis bagi anak-anak. Biasanya hal ini terjadi pada masa awal kehidupan atau perkembangan seorang anak dan hal ini biasanya terjadi sebelum diusia 2 tahun. Penyebab utamanya adalah kekurangan asupan gizi yang mencukupi dan pola makan yang tidak seimbang selama masa pertumbuhan yang kritis, Pengerdilan dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan seorang anak sehingga mengakibatkan kurangnya kualitas kehidupan seseorang dan termasuk penurunan kinerja kognitif, produktivitas dan daya tahan tubuh akan menjadi lemah sehingga mudah terkena serangan penyakit.

Berikut ini adalah cara mencegah terjadinya Pengerdilan dini!

Memberi nutrisi yang cukup sejak awal kehidupan atau perkembangan di dalam kandungan sehingga seorang anak yang masih didalam kandungan tidak akan merasa kekurangan gizi. Terutama selama periode emas 1000 hari pertama ( dari kehamilan hingga usia 2 tahun). Lakukan pemberian Asi ekslusif selama enam bulan dari  pertama kehidupan atau perkembangan seorang anak dan di lanjutkan dengan pemberian Asi jangka panjang setidaknya sampai 2 tahun ke depan dan meningkatkan pola makan yang bergizi. (Contoh), Seperti buah-buahan, sayur dan sumber protein. di lengkapi dengan makanan yang kaya akan zat besi. Pentingnya edukasi tentang pola makan yang seimbang dan bergizi hal ini lebih baik bagi ibu hamil dan anak-anak.
Memberikan praktik higiene yang baik termasuk mencuci tangan dengan sabun sanitasi yang baik dan di bilas dengan air bersih dan lakukan pemberian suplemen yang bergizi kepada anak-anak yang rentan mengalami defisiensi gizi. Harus meningkatkan akses layanan terhadap kesehatan dan melakukan perawatan prenatal untuk ibu-ibu hamil.
Dan lakukan program pemantauan terhadap pertumbuhan anak-anak secara rutin untuk  mengecek kesehatan anak dan mendeteksi pengerdilan sejak dini, harus memberikan intervensi tepat pada waktunya. Pencegahan Pengerdilan memerlukan upaya lintas sektor, termasuk kesehatan gizi, sanitasi, pendidikan dan pembangunan ekonomi serta keterlibatan aktif pemerintah, masyarakat dan sektor swasta.

Ayo kita lakukan pencegahan Pengerdilan sejak dini dengan memberi pola makan sehat  yang cukup dan bergizi untuk pertumbuhan anak-anak di masa mendatang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, kalau ada kata-kata yang kurang sopan ataupun yang kurang lengkap dari penjelasan ini, (Esco News), mohon maaf sebesar-besarnya, hanya ini yang bisa saya sampaikan.

Tag: # kesehatan # informasi

(Disclaimer)
Informasi yang kami berikan tidak untuk menyesatkan siapapun.

Sumber:
Dipersembahkan oleh: Esco Tang's